Belajar IPS sambil Bermain Rolling Ball Game

 

Menerapkan keterampilan IPS dan Sikap sosial dalam kegiatan belajar dan mengajar adalah sasaran utama yang harus dipenuhi. “bersosial dan berinterakdilah kamu dengan baik, maka kamu akan tahu bagaimana lingkungan disekitarmu dengan baik pula”. 

Ya… Benar pembelajaran IPS adalah pembelajaran yg sejatinya sangat berkesinambungan dengan kehidupan.   Kali ini Dasmarni salah satu guru IPS MIN 1 Pekanbaru mengajak siswa dan siswinya kelas IV C untuk berinteraksi dengan baik materi tentang “CITA-CITAKU”.
Pembelajaran yang menekankan pada keterampilan siswa dalam menggali ingormasi dan data, mengkonstruksi pengetahuan baru, berinteraksi dalam pembelajaran baik itu sesama siswa maupun dengan guru, kemudian mengkomunikasikan hasil informasi yang didapat pada pembelajaran dengan mengkolaborasikan melalui permainan Rolling Ball Game sebagai wadah yang menyenangkan bagi siswa sehingga penerapan metode “Discovery learning” bisa diaplikasikan secara baik juga. Dengan permainan ini mereka akan menikmati pembelajaran yang menyenangkan karena pada dasarnya mereka memang masih diusia yang senang bermain.

Sembari bermain, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tetap tersaji dengan apik untuk mengukur pemahaman mereka tentang materi yang diberikan dengan tambahan amplop-amplop yang berisi pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Untuk menambah semarak pembelajaran ibu Dasmarni menyelipkan hadiah permen sebagai Hadiah kecil bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebuat.

InsyaAllah susana ruang kelas yang menyenangkan Akan terus dikembangkan oleh Dasmarni, guru yang juga menjadi fasilitator daerah program PINTAR Tanoto Foundation.  Menerapkan MIKIR (mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi), di kelas tersebut dan kelas lainnya memang sering diapikasikan pada proses belajar aktif seperti bermain pijak huruf, membuat komik dan lain-lain.

You might also like More from author