Pendidikan Lingkungan Hidup ( PLH )

Duta Lingkungan MIN 1 Pekanbaru Mengikuti Sosialisasi Dalam Pengelolaan Persampahan Bersama DKP Kota Pekanbaru

LATAR BELAKANG

MIN 1 Pekanbaru telah lama mempunyai komitmen untuk peduli dengan lingkungan hidup. Beberapa upaya dan kebijakan yang berkenaan dengan lingkungan hidup yang telah dilakukan di MIN 1 Pekanbaru antara lain: kegiatan penghematan SDA dengan himbauan hemat listrik dan air, Kegiatan Jum’at Bersih, Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas setiap bulan, Melakukan kegiatan rutin tahunan yang bertema dengan lingkungan seperti Peringatan hari-hari Lingkungan Hidup yang diisi antara lain dengan berbagai lomba terkait lingkungan hidup, Kegiatan Menanam 1000 bunga di lingkungan MIN 1 Pekanbaru, dan menanam pohon di lingkungan warga sekitar MIN 1 Pekanbaru.

Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di MIN 1 Pekanbaru Terintegrasi. Materi PLH yang terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran yang diprogramkan. Guru-guru MIN 1 Pekanbaru sudah mengajarkan PLH terintegrasi pada mata pelajaran yang diampu.

Tenaga pendidik di MIN 1 Pekanbaru memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran PLH. Hal ini bisa dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berhubungan dengan materi PLH yang sudah menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Tenaga pendidik juga sudah mengembangkan Materi Pendidikan Lingkungan Hidup berdasarkan isu lokal yang mencakup isu lingkungan hidup yang ada di wilayah sekitar sekolah, yang merupakan potensi ketersedian sumberdaya alam dan kearifan lingkungan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan juga berdasarkan isu global.

Siswa-siswi MIN 1 Pekanbaru juga telah melakukan pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hasil karya siswa yang berupa karya-karya daur ulang kertas koran dan daun yang dirubah menjadi barang yang bernilai ekonomi, pembuatan bricket dari sampah, serta cipta puisi tentang LH.

TUJUAN PEMBELAJARAN PLH

Membentuk peserta didik yang memiliki wawasan dan kepedulian lingkungan. Lingkungan yang dimaksud bisa berupa lingkungan personal/individu, lingkungan social, dan lingkungan global. Lingkungan personal meliputi kebiasaan pribadi yang bersih dan peduli terhadap lingkungan.