Semai Jiwa Enterpreneur melalui Expo MIN 1 Pekanbaru

Indonesia akan maju jika banyak enterpreneur dari generasi muda yang dilahirkan. Salah satu upaya untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur, MIN 1 Pekanbaru taja kegiatan Expo bagi siswa-siswanya. Selain melatih anak untuk kreatif sejak dini, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dunia enterpreneur sejak dini.
Kegiatan yang dilaksanakan di halaman MIN 1 Pekanbaru pada Selasa (15/12/2018) ini dibuka secara resmi oleh Plt Kakanwil Kemenag Riau Drs H Mahyudin, MA dan ditandai dengan pengguntingan pita. Disaksikan oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Riau Drs H Asmuni Hasan MA, anggota DPRD Pekanbaru, Kepala Madrasah MIN 1 Pekanbaru serta dihadiri oleh guru, siswa dan orang tua siswa.
Plt Kakanwil Kemenag Riau berharap expo ini akan melahirkan enterpreneur-enterpreneur dari madrasah.
“Melalui expo ini mereka sudah punya basic dasar untuk menjadi seorang enterpreneur di dalam kehidupan masyarakat.” tegasnya.
Sementara itu Kabid Penmad Kanwil Kemenag Riau Drs Asmuni Hasan, MA mengatakan, dengan kegiatan expo ini siswa dapat mengenal kuliner nusantara.
“Kegiatan ini harus diberi apresiasi setinggi-tingginya kepada MIN 1 Pekanbaru. Harapan kita anak-anak mengenal kuliner nusantara dan menjadi bekal untuk kehidupan mereka sehari-hari.” jelasnya.
Sementara itu Kepala MIN 1 Pekanbaru Fitrisma Rais, M.Pd menyebutkan, “Kegiatan expo ini mendidik siswa untuk berkarakter mandiri, berjiwa kewirausahaan dan ajang silaturahmi antara guru dan orang tua siswa.”
Siswa diajarkan untuk menjual hasil exponya dan ini menjadi salah satu kriteria penilaian.

Expo yang ke-4 ini mengangkat tema, “Melejitkan karakter dan jiwa enterpreneurship peserta didik melaui kuliner nusantara.” Terdapat 29 stand dari masing-masing kelas yang menyajikan aneka makanan kuliner nusantara mulai dari Aceh sampai Papua.
Berbeda dengan orang dewasa, untuk berwirausaha siswa membutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang tua dan guru. Di expo ini terlihat kerja sama siswa dan orang tua untuk menyiapkan dan memasak sajian yang akan dijual nantinya. Siswa bersama orang tua dan wali kelas tetlihat sangat antusias menampilkan dan memberikan pelayanan yang terbaik di standnya masing-masing.

You might also like More from author