Catatan Perjalanan : Menikmati Keindahan Wisata Bendungan Lipatkain

Bendungan ini terletak di Kecamatan Kampar Kiri kota Lipatkain desa Sungai Paku. Berada lebih kurang 75 km dari Pekanbaru dan merupakan salah satu destinasi wisata populer di Lipatkain. Kali ini guru-guru MIN 1 Pekanbaru memanfaatkan libur awal Ramadhan dengan berkunjung ke bendungan ini.
Menurut sumber dari google, dulunya bendungan ini dibangun untuk pembangkit listrik tenaga air dan irigasi. Tapi entah kenapa PLTA nya sendiri sudah lama tidak berfungsi. Sementara pemanfaatan untuk irigasi juga tidak maksimal. Karena penduduk disana lebih suka menanam tanaman tahunan seperti karet dan sawit ketimbang padi. Areal persawahan telah banyak berganti menjadi perkebunan kelapa sawit dan karet. Saat ini waduk tersebut lebih difungsikan untuk perikanan dan tempat rekreasi.
Setelah menempuh perjalanan dengan bus lebih kurang satu setengah jam, rombongan langsung menuju pondok ikan bakar Pak Asmar yang terletak di tepi bendungan. Pondok ikan bakar ini menyediakan ikan bakar nila, bawal dan gurami serta makanan khas Lipatkain. Tempat ini juga menyediakan fasilitas penyewaan sepeda air, ayunan, luncuran dan kolam renang anak-anak di sekitar areal pondok.

Setelah selesai mengisi perut yang lapar, rombongan kemudian menyewa speed boat untuk menyusuri bendungan. Di setiap speed boat disediakan baju pelampung tetapi sayangnya hanya berjumlah 2-3 buah untuk speed boat yang bermuatan sekitar 10 penumpang.

Sebuah pohon merbau yang besar masih berdiri kokoh di tengah-tengah danau. Para penumpang tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di atas pohon dengan menaiki tangga kayu yang ada.

Setelah lebih kurang setengah jam berkeliling di tengah bendungan, speed boat merapat di salah satu tepi bendungan. Kami pun turun menuju salah satu lokasi air terjun di daerah ini. Setelah berjalan kaki beberapa meter sampailah rombongan di lokasi air terjun. Debit air terjunnya tidak terlalu besar karena sudah lama tidak hujan. Suasana pepohonan yang alami ditambah dengan kesejukan air terjun cocok untuk menghilangkan kepenatan setibanya disini.
Demikianlah acara jalan-jalan kali ini. Keindahan alam bendungan akan menjadi kenangan yang berkesan. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan alamnya. (eva)

You might also like More from author