Praktek Ibadah

Siswi MIN 1 Pekanbaru Sedang Melaksanakan Praktek Sholat Jenazah

 

 

 

 

 

 

 

LATAR BELAKANG

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh Tim penyusun kurikulum tingkat  satuan pendidikan  MIN I Pekanbaru untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di MIN I Pekanbaru.

MIN I Pekanbaru sebagai salah satu lembaga pendidikan  yang telah turut berperan aktif dalam  mewujudkan tujuan pendidikan nasional sesuai dengan UU. No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik  agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggug jawab. Salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari untuk mencapai tujuan tersebut adalah Pendidikan Agama Islam yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mata pelajaran Al-Qur,an Hadis, Akidah Akhlak,Fiqih dan SKI merupakan mata pelajaran PAI di Madrasah sesuai dengan Struktur Kurikulum MI berdasarkan PERMENDIKNAS  Nomor 22 Tahun 2006.   MIN I Pekanbaru telah mewajibkan siswanya mempelajari mata pelajaran tersebut semenjak lahirnya. Namun seiring perjalanan waktu, dirasakan bahwa dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar masing-masing  mata pelajaran PAI tersebut dengan ketersediaan waktu masih tersasa kurang dapat memberikan siswa kemampuan dasar praktis dalam beribadah. Karena itulah maka mata pelajaran Praktek Ibadah ini dinilai sangat dibutuhkan.

TUJUAN

Mata Pelajaran Praktek Ibadah di MIN I Pekanbaru bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat :

  1. Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan ibadah sesuai

dengan ketentuan syariat islam dengan baik dan benar

  1. Melaksanakan dan mengamalkan ibadah sesuai dengan

ketentuan syariat islam dengan baik dan benar.

  1. Hapal dan mengamalkan do’a serta zikir dalam setiap aktifitasnya sehari-hari