MIN 1 Pekanbaru Peduli Pesantren IBS Terdampak Semburan Lumpur dan Gas

Selasa siang, 9 Maret 2021 Kepala Madrasah MIN 1 Pekanbaru Irwan Efendi, MPd I beserta tim redaksi Mata Minsa menyambangi lokasi semburan gas dan lumpur di Ponpes Al Ihsan Boarding School (IBS) di Tenayan Raya.  Pada kesempatan itu Kepala Madrasah menyerahkan donasi sebesar Rp 5.000.000 yang berasal dari guru, karyawan, siswa dan wali murid MIN 1 Pekanbaru. Donasi ini diterima oleh pihak Ponpes IBS yang diwakili oleh Ustadz Afrinaldo.
Kepala Madrasah mengatakan, “MIN 1 Pekanbaru turut berbela sungkawa atas bencana yang menimpa Pesantren IBS.  Ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT yang ditunjukkan untuk kita semua.”  Kepala Madrasah berharap semoga donasi ini dapat meringankan beban pihak pesantren  meskipun tanpa korban jiwa.

Sementara itu Ustad Afrinaldo menceritakan bahwa semburan lumpur dan gas ini bermula dari pengeboran sumur untuk mendapatkan sumber air bersih.
“Pada tanggal 4 Februari 2021 sekitar pukul 13.30  di saat para pekerja sedang mengebor terdengar suara gemuruh dari tempat pengeboran.  Ketika itu para guru sedang mendengarkan setoran hafalan santri.  Pada hari itu juga, sebanyak 34 santri terpaksa diungsikan ke Ponpes IBS 1 di Kubang,” ujarnya.

Ustad Afrinaldo melanjutkan saat ini pihak pesantren masih menunggu hasil observasi tim ahli terhadap lokasi semburan.  Ia masih berharap hasil rekomendasi tim ahli nantinya menyatakan lokasi ini masih dapat  digunakan kembali untuk belajar bagi para santri.
Dari pantauan di lapangan terlihat bahwa semburan yang mengandung material pasir serta batu menyebabkan bangunan pondok pesantren pun mengalami kerusakan berat. Atap bangunan roboh karena tidak kuat menahan semburan batu dan lumpur setinggi 10 meter tersebut.

Kegiatan peduli kemanusiaan ini masih merupakan rangkaian kegiatan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita yang terdampak bencana di tanah air.  Sebelumnya telah diserahkan donasi untuk bencana di Sulbar dan Kalsel yang disalurkan melalui Kantor Kementerian Agama dan Kwarran Pekanbaru Kota. (eva)

You might also like More from author