MIN 1 Pekanbaru Raih Apresiasi Berbagi Praktik Baik dari Kemdikbud-Kemenag

MIN 1 Pekanbaru berhasil meraih apresiasi di tingkat nasional pada lomba praktik baik sambut tahun ajaran baru yang digelar oleh Kemdikbud dan Kemenag.  Praktik baik yang diberi apresiasi ini berupa video praktik pembelajaran berdurasi dua menit dengan kategori BDR (Belajar Dari Rumah).

Video ini menceritakan kerinduan yang dirasakan guru-guru MIN 1 Pekanbaru untuk mengajar seperti biasa.  Semenjak pandemi covid 19, MIN 1 Pekanbaru melaksanaan kegiatan belajar mengajar dari rumah sesuai dengan kebijakan pemerintah Kota Pekanbaru dan mengikuti kurikulum darurat yang telah ditetapkan.  Namun pandemi ini tidak menyurutkan semangat guru-guru untuk terus melaksanakan pembelajaran daring dengan cara kreatif dan inovatif serta menyenangkan khususnya bagi peserta didik.  Antusias dari ananda peserta didik MIN 1 Pekanbaru adalah cerminan semangat pantang menyerah untuk terus belajar dan menambah pengetahuan di tengah pandemi ini.  Dan tetap berharap dan berdo’a agar pandemi ini segera berlalu dan kegiatan belajar mengajar kembali berjalan seperti biasa.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) memberikan apresiasi atas praktik baik yang dilakukan lembaga pendidikan dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi.

Ada 19 lembaga yang dirilis Kemdikbud sebagai penerima apresiasi: 2 lembaga tingkat PAUD/RA, 5 lembaga tingkat dasar, 7 lembaga tingkat menengah, 1 pesantren, dan 4 lembaga pendidikan atas. Dari jumlah itu, sebanyak 10 lembaga adalah lembaga pendidikan Islam, yaitu madrasah dan pondok pesantren.

Praktik Baik yang diberi apresiasi ini berupa video praktik pembelajaran berdurasi maksimal dua menit. Ada dua kategori praktik yang diapresiasi, yaitu BDR (Belajar Dari Rumah); dan Pembelajaran Tatap Muka.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar mengapresiasi madrasah dan pesantren yang telah ikut serta mengirimkan praktik baik di tempat mereka masing-masing. Menurutnya, video itu bisa menginsprasi lembaga pendidikan lain yang juga sedang terkena pandemi ini.

“Sejak awal, saya selalu mengajak madrasah untuk berani mencoba dan menjadikan setiap kompetisi sebagai budaya mutu madrasah,” terangnya seperti yang dimuat di website Kementerian Agama RI di Jakarta, Selasa (25/08).

Lembaga pendidikan yang memperoleh apresiasi akan diberikan penghargaan dari Kemdikbud dan Kemenag.

Berikut madrasah dan Pondok Pesantren yang yang mendapatkan Apresiasi:

Kategori Belajar dari Rumah (BDR)
1. RA Muslimat NU 015 Kauman, Ponorogo, Jawa Timur.
2. MI Miftahul Alhlaqiyah Semarang, Jawa Tengah.
3. MIN 1 Pekanbaru, Riau.

4. MIN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten
5. MTSN 6 Bantul, Yogyakarta
6. MAN 1 Kota Bekasi, Jawa Barat

Kategori Pembelajaran Tatap Muka:
1. MTS Sunan Pandanaran Sleman, Yogyakarta.
2. MTSN 5 Kuningan, Jawa Barat.

3. MA Vokasi Maulana Ishaq Lamongan
4. Dayah Babussalam Al Hanafiyyah, Aceh Utara.

Video praktik baik MIN 1 Pekanbaru dapat dilihat pada link https://www.youtube.com/watch?v=eJREar3lsNg

 

You might also like More from author