Pembelajaran Aktif dengan MIKIR

Pembelajaran aktif dengan metode siswa Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi atau disingkat MIKIR diperkenalkan oleh Tanoto Foundation. Untuk lebih meningkatkan penguasaan guru dalam pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan, MIN 1 Pekanbaru melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan tema “Implementasi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.”
KKG dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Kota Pekanbaru Edwar S Umar, MAg. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Masa revolusi industri 4.0 telah datang dan kita tak mungkin menghindarinya. Guru harus mampu menguasai teknologi agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.”
Ia menambahkan, guru juga harus menyiapkan peserta didik untuk menguasai keterampilan abad 21 yaitu berfikir kritis, kreatif, percaya diri, kolaborasi dan komunikasi. Dan yang terpenting guru harus memberikan kasih sayang dalam membentuk akhlak dan kepribadian siswa dan ini tidak akan pernah tergantikan oleh kehadiran robot pintar.

KKG yang diikuti oleh 47 guru Minsa ini digelar dari tanggal 1 hingga 5 Desember 2018 di aula serbaguna Minsa. Materi pembelajaran aktif dikupas tuntas oleh dua fasilitator daerah Tanoto Foundation yang sekaligus Kepala Madrasah dan guru Minsa yaitu Fitrisma Rais, M.Pd dan Nora Gusti, M.Pd